All for Joomla All for Webmasters
    • Demo

      Pupuk Organo Hayati

      Solusi Lengkap Nutrisi Tanaman
    • Demo

      Biofungisida Hayati

      Pembasmi Jamur Pathogen
    • Demo

      Pupuk Organik

      Mereduksi Pupuk Kimia
    • Demo

      Dekomposer Handal

      Mendekomposisi Bahan Organik
  • TERKINI TOP

    Nogan Trichoderma

    PRODUK TERBARU

    Isolat murni Trichorderma dalam bentuk sangat halus sebagai biofungisida untuk semua jenis tanaman  selengkapnya.

Demo
 

BIOFUNGISIDA NOGAN

Berbahan aktif Trichoderma spp., kendalikan jamur pathogen.

Demo
 

VERMIBIO PLUS

Pupuk Organo Mineral penyedia hara dan penyehat lahan.

Demo
 

DEKOMPOSER EB.DEC

Mengurai bahan organik secara mudah dan dalam waktu singkat.

Demo
 

NOGAN TRICHODERMA

Biofungisida untuk semua penyakit akibat jamur pathogen.

Vermibio Penuhi Unsur Hara dan Ketahanan Tanaman

COVER MSICover Story Majalah Sawit Indonesia Edisi 32, 15 Juni – 15 Juli 2014

Bahan organik C-terlarut di dalam Vermibio membuat pupuk organik ini lebih unggul dari produk sejenis. Diformulasi dengan bahan-bahan yang mengandung asam-asam amino dan antibiotika yang akan meningkatkan pemberian nutrisi tanaman sekaligus ketahanan terhadap penyakit

Kesadaran pemakaian pupuk organik semakin tinggi di kalangan pelaku sektor pertanian dan perkebunan. Degradasi unsur hara di sebagian besar lahan pertanian dan pekebunan menjadi faktor utama pemakaian pupuk organik. Heri DB, Presiden Direktur PT Mitra Sukses Agrindo, mengatakan kesehatan tanah di Indonesia semakin menurun akibat pengaruhaplikasi produk kimia yang berlebihan, terus menerus dan dalam jangka waktu sekian lama.

Unsur hara dan bahan organik tanah dapat ditingkatkan melalui beberapa cara seperti pemberian bahan organik dari limbah tanaman seperti janjang kosong. Cara lainnya mengurangi sebagian pupuk kimia yang dialihkan kepada pupuk organik. Menurut Heri DB, produk pupuk organik VERMIBIO memiliki formulasi berbeda dan tepat untuk semua jenis tanaman. Berbeda dengan produk lain, VERMIBIO menggunakan bahan yang mempunyai karbon terlarut  satu-satunya diantara sumber-sumber bahan organik lain, disamping mengandung humus dan bahan humat sehingga bisa langsung terserap dan bermanfaat bagi tanaman dan mikroba,” kata Heri DB

Dia menjelaskan salah satu bahan yang digunakan berbasis cacing tanah yang dikombinasikan dengan bahan tonic yang kaya dengan hormon dan atibiotika yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Itu sebabnya, kebun sawit yang lahannya menggunakan VERMIBIO akan menghadirkan kehidupan cacing setelah minimal 4 kali aplikasi, dengan demikian perbaikan ekosistem telah dimulai yang pada gilirannya akan meningkatkan efisiensi penyerapan unsur hara dari sumber organik atau anorganik. Mekanisme inilah yang membuat penggunaan pupuk kimia dapat diminimalisir. Heri DB mencontohkan tanaman hutan tetap subur tanpa dipupuk karena ekosistemnya tetap terjaga termasuk di dalamnya terdapat kehidupan cacing tanah yang akan menghasilkan nutrisi paling baik untuk kehidupan tanaman diatasnya.

VERMIBIO  diperkaya dengan soil conditioner,  dengan memiliki area permukaan luas sehingga menyediakan ruang-ruang kecil bagi mikroba dan menahan unsur hara sangat kuat. Bentuk  VERMIBIO adalah powder dengan spesifikasi antara lain pH sebesar 7-9. C-Organik sebanyak 12-24%, CN Ratio : 4-10, N Total dengan kandungan minimal 2,5%, P2O5 tersedia minimal 0,5%, dan K2O tersedia 4,0%.

VERMIBIO ini dapat digunakan untuk tanaman hortikultura, pangan dan perkebunan. Di tanaman perkebunan dan kehutanan, pupuk VERMIBIO dapat dipakai juga untuk pembibitan. Cara pemakaian sangatlah mudah karena pekebun dapat mencampur langsung dengan media tanam, baik di pre-nursery maupun main-nursery.

Penggunaan lainnya adalah di pupuk lubang tanam, cukup  taburkan di dasar lubang sebelum bibit di tanam. Pada tanaman belum menghasilkan (TBM) dan tanaman menghasilkan (TM), kalangan pekebun dapat menaburkan pada piringan atau daerah perakaran aktif (feeding root). Aplikasi dilaksanakan pada kondisi tanah lembab.

Dosis pemberian berbeda-beda sesuai dengan penggunaan pupuk. Untuk kegiatan pembibitan, pupuk yang diberikan dosisnya antara 200-300 gram per polybag. Pupuk lubang, pekebun dapat memberikan pupuk sebanyak 1-2 kilogram per pokok. Di TBM, pemberian pupuk antara 200-400 kilogram per hektare per tahun. Sementara di TM, jumlah pupuk yang diberikan sekitar 300-600 kilogram per hektare per tahun.

Dengan memberikan VERMIBIO secara teratur akan bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan dan perlindungan tanaman. Selain itu, tanaman akan memperolehhormon pertumbuhan. Humus dan bahan humat dalam VERMIBIO berguna sebagai promotor pertumbuhan akar tanaman dan meningkatkan kemampuan ekstraksi unsur hara dalam tanah serta membantu melarutkan mineral terikat dalam tanah.

Heri DB memaparkan penggunan pupuk organik VERMIBIO dapat menekan biaya pemupukan terutama pupuk kimia, karena mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia sampai 50%. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk ini sangatlah bagus untuk kesuburan dan kesehatan tanah karena menambah unsur hara mulai dari karbon organik dan unsur lain seperti cadangan N, P, K, Mg dan unsur mikro lain serta dapat memperbaiki sifat kimia tanah khususnya peningkatan nilai pH, kehadiran sekresi cacing menambah keragaman hayati yang membuat tanaman lebih sehat. (Qayuum Amri)

 

Pin It

LOGO GUMPALIN

PRODUK DALAM RISET
Penggumpal Getah Karet Organik

LOGO RND

Riset dan Pengembangan

LOGO OKAS

PRODUK DALAM RISET
Obat Kering Alur Sadap Karet

Statistik Pengunjung

0299462
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
331
140
471
1728
4632
8147
299462

Forecast Today
480

8.13%
23.76%
5.32%
1.45%
0.16%
61.17%

Your IP:54.145.16.43

Informasi & Pelayanan

Tel. 0251-834 9528 / 831 2843
Mobile. 0813 737 00279 / 0811 810 699
 
Head Office:Perkantoran Bukit Gading Indah A23
Jl. Bukit Gading Raya, Jakarta Utara 14240
Tel. 021-458 45985 / 458 46249 Fax. 021-451 3648
Factory: Jl. KH Soleh Iskandar No.59 Bogor 16166
Tel. 0251-834 9528 / 831 2843 Fax. 0251-0251-831 2770

Distributor Resmi