All for Joomla All for Webmasters
    • Demo

      Pupuk Organo Hayati

      Solusi Lengkap Nutrisi Tanaman
    • Demo

      Biofungisida Hayati

      Pembasmi Jamur Pathogen
    • Demo

      Pupuk Organik

      Mereduksi Pupuk Kimia
    • Demo

      Dekomposer Handal

      Mendekomposisi Bahan Organik
  • TERKINI TOP

    Nogan Trichoderma

    PRODUK TERBARU

    Isolat murni Trichorderma dalam bentuk sangat halus sebagai biofungisida untuk semua jenis tanaman  selengkapnya.

Demo
 

BIOFUNGISIDA NOGAN

Berbahan aktif Trichoderma spp., kendalikan jamur pathogen.

Demo
 

VERMIBIO PLUS

Pupuk Organo Mineral penyedia hara dan penyehat lahan.

Demo
 

DEKOMPOSER EB.DEC

Mengurai bahan organik secara mudah dan dalam waktu singkat.

Demo
 

NOGAN TRICHODERMA

Biofungisida untuk semua penyakit akibat jamur pathogen.

EB.DEC Pengompos Janjang Kosong Cepat dan Hemat Biaya

COVER MSICover Story Majalah Sawit Indonesia Edisi 32, 15 Juni – 15 Juli 2014

PT Mitra Sukses Agrindo menawarkan produk decomposer berbasis jamur termofilik khusus untuk janjang kosong (jangkos). Kegiatan pengomposan jankos cukup dilakukan maksimal tujuh minggu saja tanpa perlu diaduk sehingga menghemat biaya pengomposan.

Di perkebunan sawit, kompos berbasis limbah sawit  dari  jangkos mulai dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi hara, penambah humus, dan penambah bahan organik tanah.  Potensi limbah jangkos sangatlah besar menjadi bahan baku pupuk kompos. Berdasarkan pengalaman Heri DB, Presiden Direktur PT Mitra  Sukses Agrindo, pabrik kelapa sawit yang berkapasitas 30 ton TBS per jam akan menghasilkan jangkos mencapai 120 ton per hari.

Cara pengolahan jangkos menjadi pupuk kompos telah banyak dikenal pelaku kebun. Teknik yang biasa dilakukan masih konvensional yaitu janjang kosong ditumpuk dan disebar secara merata dalam gawangan yang dibiarkan terdekomposisi secara alamiah sehingga memerlukan waktu yang lama untuk bisa dimanfaatkan oleh tanaman. Disinilah peran dekomposer yang bertugas mempercepat proses pengomposan menjadi kompos matang, sehingga bisa langsung dimanfaatkan oleh tanaman.

Menurut Heri DB, perusahaannya menawarkan produk dekomposer EbDEC semenjak dua tahun lalu. EbDEC adalah dekomposer organik yang berbasis jamur untuk membantu penguraian jangkos sawit menjadi kompos. Sementara dekomposer dipasaran saat ini pada umumnya memakai bakteri. Sedangkan hasil riset R/D kami menyimpulkan jangkos yang terdiri bahan selulosa dan hemiselulosa akan mudah terurai apabila menggunakan strain pilihan berbasis jamur.

“Jamur ini lebih cepat membantu proses pembusukan janjang sawit. Seminggu setelah aplikasi, perlahan-lahan akan keluar miselia  berwarna putih yang menutupi seluruh permukaan jangkos dan  proses komposting berlanjut ditandai dengan naiknya temperatur hingga 70 derajad celcius” ujar Heri DB yang telah bekerja 25 tahun lamanya di perkebunan sawit.

Aplikasi EbDEC juga sederhana dan tidak perlu diaduk-aduk ketika proses pengomposan berlangsung, sebagaimana dekomposer lain. Heri DB menjelaskan EbDEC sangat mudah dipakai dan mempermudah pekerjaan pengomposan. Paling utama, tidak perlu dilakukan proses pengadukan sehingga biaya murah. EbDEC cukup ditebar di atas tumpukan jangkos, siram dan ditutup terpal.

Dalam pembuatan kompos, jangkos disusun dengan tinggi hamparan 15 - 20 cm di setiap lapisan. Untuk setiap bagian atas lapisan, taburkan merata EbDEC sesuai takaran dan dosis. Untuk janjang kosong utuh, taburkan EbDEC 10-12 kilogram per ton, dengan waktu pengomposan antara 5-7 minggu. Sedangkan jangkos yang dicacah, dosis cukup sebanyak 7-8 kilogram per ton dan butuhwaktu 4-6 minggu.

Setelah ditaburkan EbDEC, siram tumpukan jangkos dengan air sampai mencapai kadar air ± 60%terhadap total bahan organik. Tumpukan bahan kompos ditutup plastik/terpal yang kedap air dan udara. Kegiatan penyiraman dijalankan seminggu sekali yang bergantung  cuaca dan kadar air bahan kompos. Hasil dekomposisi dianggap matang apabila suhu tumpukan yang awalnya panas mencapai (600C- 700C) menjadi turun sampai stabil pada suhu ± 40ºC. Ketinggian tumpukan juga menyusut ± 20% dari tinggi awal tumpukan.

Heri DB menyebutkan produk dekomposernya dapat menekan biaya pengomposan karena tidak perlu alat pengaduk kompos seperti yang ada pada umumnya yang membutuhkan biaya besar. Pengomposan dengan EbDEC sangat murah, tidak perlu investasi mahal dan dapat dilakukan serempak dimasing-masing afdeling. Sebagai contoh estate dengan luas 6000 ha yang terbagi menjadi 10 afdeling, apabila produksi jangkos PKS (30 ton/jam) 120 ton per hari, maka kalau seluruh afdeling serempak melakukan komposting di wilayahnya, maka distribusi jangkos per afdeling hanya 12 ton/hari, cukup memberdayakan angkutan truk max 2 rit.

Keuntungan memasukkan jangkos dalam bentuk kompos adalah coverage areanya 10X lipat dibandingkan apabila hanya memasukkan jangkos mentah (dosis jangkos mentah 60 ton/ha, sedangkan kompos jangkos hanya 6 ton/ha). Kelemahan lain kalau jangkos mentah disebar di kebun apabila tumpukan terlalu tinggi akan mengundang oryctes.

“Persaingan produk dekomposer terletak pada kecepatan pengomposan, kemudahan aplikasi, dan biaya komposting. Dengan EbDEC dijamin murah dan bisa dikerjakan seluruh afdeling secara serentak, sehingga tidak hanya efisien tapi juga sangat efektif, karena produksi jangkos PKS  120 ton/hari akan habis dalam satu hari dan juga berarti bisa mengembalikan bahan organik tidak hanya ke sebagian kecil kebun (sekitar pabrik) tapi ke seluruh afdeling kebun” demikian menurut Heri DB yang sangat faham tentang seluk beluk industri sawit.

Ada empat manfaat dimiliki EbDEC ini antara lain menguraikan bahan organik yang sulit terurai dekomposer lain, mendekomposisi dalam waktu cepat, mudah proses aplikasi di lapangan, dan hasil dekomposisi lebih kaya nutrisisehingga berguna bagi tanaman. Heri DB optimis pelaku sawit akan memilih dekomposer produksi PT Mitra Sukses Agrindo yang memberikan nilai tambah dan banyak manfaat dalam kegiatan pengomposan. (Qayuum Amri)

 

Pin It

LOGO GUMPALIN

PRODUK DALAM RISET
Penggumpal Getah Karet Organik

LOGO RND

Riset dan Pengembangan

LOGO OKAS

PRODUK DALAM RISET
Obat Kering Alur Sadap Karet

Statistik Pengunjung

0326782
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
25
526
1500
1702
6354
7406
326782

Forecast Today
528

8.69%
27.15%
5.38%
1.35%
0.19%
57.25%

Your IP:107.22.48.243

Informasi & Pelayanan

Tel. 0251-834 9528 / 831 2843
Mobile. 0813 737 00279 / 0811 810 699
 
Head Office:Perkantoran Bukit Gading Indah A23
Jl. Bukit Gading Raya, Jakarta Utara 14240
Tel. 021-458 45985 / 458 46249 Fax. 021-451 3648
Factory: Jl. KH Soleh Iskandar No.59 Bogor 16166
Tel. 0251-834 9528 / 831 2843 Fax. 0251-0251-831 2770

Distributor Resmi